Kenali Tanda-Tanda Prenatal Depression dan Cara Pencegahannya
-
6 Juli 2022 10:45 am

Kenali Tanda-Tanda Prenatal Depression dan Cara Pencegahannya

Kenali Tanda-Tanda Prenatal Depression dan Cara Pencegahannya

Aquiladdicts mungkin udah sering mendengar pospartum depression, tapi bagaimana dengan prenatal depression?


Gangguan yang dialami oleh para ibu hamil perlu diwaspadai agar kehamilan berjalan sehat dan depresi tidak menurun kepada anak. Prenatal depression adalah gangguan kesehatan mental yang dirasakan orang para ibu hamil. Bentuknya bukan hanya perasaan sedih biasa, tapi rasa kelelahan, sampai marah.

Menurut sebuah studi, 1 dari 7 ibu hamil merasakan prenatal depression ini. Biasanya lebih sering terjadi pada ibu-ibu yang rumah tangganya mengalami masalah seperti ekonomi, punya sejarah depresi, kehamilan yang tidak direncanakan & single mother.

Apa penyebabnya?


Para pakar sendiri belum bisa menentukan penyebab utama dari prenatal depression ini. Mereka menyimpulkan gangguan ini terjadi dari akumulasi masalah pada emosi, fisik dan faktor lingkungan. Sebab, banyak dari para ibu yang tidak bisa meluapkan emosinya karena takut dicap negatif oleh sekitar karena norma kita menilai kehamilan adalah hal yang harus disyukuri. Padahal, rasa bingung, takut, & lelah itu normal terjadi pada ibu hamil karena faktor hormon dan fisik. Hal ini pasti juga lebih sering terjadi pada calon ibu baru yang masih bingung dengan kondisi baru ini. Mulai dari fisik berubah, nafsu makan berantakan, kondisi kulit berbeda, emosi yang naik turun, sampai perencanaan tabungan lahiran dan membesarkan anak.

Apa saja tanda-tandanya?


Tanda-tanda prenatal depression sebenarnya mudah untuk dikenali kok, Aquiladdicts! Jadi jika merasakan hal ini, atau melihat gejala ini pada saudara atau teman Anda yang sedang hamil, segera minta atau beri pertolongan, ya! • Perasaan takut berlebihan akan hadirnya calon bayi • Selalu merasa bersalah akan kehamilan, bahkan hal lainnya • Tidak nafsu makan atau nafsu makan berlebihan • Tidak percaya dengan anjuran tenaga kesehatan • Menghindar dari orang-orang tersayang, dan melakukan kegiatan yang membahayakan kehamilan seperti merokok, minum-minuman beralkohol, pikiran ingin bunuh diri

Cegah depresi saat hamil dengan lakukan kegiatan ini!


Kabar baiknya, prenatal depression bisa dicegah. Berikut beberapa di antaranya yang Aquiladdicts dapat lakukan:

  • Curahkan Perasaanmu Bagikan kondisi perasaan Aquiladdicts ke pasangan, ibu, adik, obgyn atau teman. Sebab, lingkungan punya peran yang besar dalam kehamilan. Mereka bisa membantu Aquiladdicts mengurangi perasaan negatif yang Ibu rasakan. Bumil juga bisa menulis journal agar dapat melatih regulasi emosi. Nantinya bisa jadi kenang-kenangan juga, lho! Ada kalanya juga Bumil overthinking selama kehamilan dan menjelang persalinan, Aquiladdicts bisa mengoleskan essential oil atau campurkan 5-20 dengan minyak nabati di diffuser.
  • Essential Oil Lavender dari Aquila bisa jadi pilihan karena mengandung pure lavender oil 100% yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan stress sehingga ibu lebih relax.

Prenatal Yoga saat memasuki usia kehamilan trimester 2
Prenatal Yoga saat memasuki usia kehamilan trimester 2

  • Tetap aktif berkegiatan dan olahraga ringan Bagi Aquiladdicts yang sudah masuk usia trimester kedua kehamilan, bisa rutin melakukan prenatal yoga. Bagi yang pertama kali, bisa konsultasi dulu dengan obgyn atau bidan, dan didampingi oleh instruktur yoga, ya. Olahraga ini bukan hanya membantu memperlancar persalinan nanti, tapi juga meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres dan kecemasan. Saat Yoga, jangan lupa oleskan Comforting Body Cream sebelum dan sesudah yoga. Krim ini punya kandungan epsom salt yang bisa bantu merileksasi kulit dan otot yang tegang.

Aquila Comforing Body Cream untuk membantu meringankan nyeri dan pegal-pegal pada otot dan sendi yang aman untuk ibu hamil
Aquila Comforing Body Cream untuk membantu meringankan nyeri dan pegal-pegal pada otot dan sendi yang aman untuk ibu hamil

  • Sempatkan me time Di antara kesibukan Aquiladdicts bekerja, urus rumah atau cek ke dokter kandungan, jangan lupa sempatkan me time untuk me-recharged diri. Tak perlu staycation mahal kok, di rumah aja bisa. Misalnya, mandi air hangat sambil rawat diri. Jangan lupa pakai shampoo Shine and Smooth Natural Shampoo dan setelah mandi bisa semprotkan Makes My Day Hair Tonic, yang keduanya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Kalau rambut wangi, halus, bagus, pasti mood ikutan happy juga. Jadi kalo belum sempat ke salon, bisa melakukan perawatan di rumah. Jangan lupa juga untuk melakukan hal kecil yang biasa kamu lakukan sebelum hamil, misalkan journaling, prenatal yoga, dengerin lagu atau nonton drama korea. Bisa bikin stress berkurang, deh! Semoga Aquailaddicts yang sedang menanti-nanti hari calon buah hati, ikut memperhatikan kesehatan mental selama hamil. Untuk membaca info bermanfaat lainnya dan mendapatkan promo-promo produk Aquila, jangan lupa follow Instagram @officialaquilaherb, ya.

Perawatan Rambut yang sehat dan Relaxing dari Aquila Herb
Perawatan Rambut yang sehat dan Relaxing dari Aquila Herb


Blog Post Lainnya
Follow us
Join Official Seller
Contact Us
081323705556
081394293554
info@aquilaherb.com
Stay Updated!
`Subscribe
Aquila Herb Copyright Reserved ©- 2022